4.0 stars based on 35 reviews Prep time: 30 min Cook time: 1 hourTotal time: 1 hour 30 min Yield: 1 9" pie (8 servings)

Cara meminimalis kode Javascript pada template blogger

Sebenarnya banyak cara untuk meminimalis kode javascripst dan css,namun kali ini saya akan membahas cara meminimalis kode javascript dengan system redirect,seperti yang sudah saya terapkan pada blog ini,dengan maksud untuk mempercepat loading,selain mengurangi widget dll.masih belum saya ketahui effek atau dampak negatif dari system yang saya terapkan ini,jika ada sobat webmaster yang tahu tentang effek dari sytsem ini saya mohon pencerahannya.

ide ini muncul ketika mencoba mengganti template yang baru dan setelah saya gunakan ternyata sangat berat saat loading,sampai sobat tipswisatamurah sempet mengeluhkannya,karena template yang baru saya gunakan ini ternyata lebih berat ketimbang template yang sebelumnya.oke kita langsung ke langkah langkah meminimalis kode javascript di antaranya:

1.Pastikan memiliki file hosting dari google yaitu sites.google.com jika belum punya silahkan membuatnya dulu.jika belum belum tahu caranya anda bisa baca dari artike sobat Saung web yaitu pada postingan http://saungweb.blogspot.com/2010/02/cara-hosting-file-di-google-site.html

2.Setelah sudah jadi file hostingnya silahkan masuk blogger anda,Klik Rancangan Edit Html,Klik Download Template Lengkap untuk mem-backup template.Jika nanti terjadi apa-apa,kita sudah mempunyai salinannya sehingga mudah untuk mengembalikan template seperti semula.

3.Carilah kode javascript yang jumlah kodenya terlalu banyak contohnya pada gambar di bawah ini.

Contoh kode javascript yang jumlah kodenya terlalu banyak

4.Silahkan anda copy kode javascriptnya ke notepad di mulai dari kode lihat contohnya pada gambar di bawah ini

contoh kode javascript sebelum di kompress
jika sudah selesai di copy ke notepad silahkan save dan beri nama kode yang mudah di pahami,setelah selesai silahkan upload file tadi ke file hosting yang sudah anda buat di sites.google.com,kalau sudah selesai upload klik kanan pada file yg barusan di upload tadi dan pilih copy link location,lalu copykan ke notepad,contoh hasilnya seperti https://sites.google.com/site/contoh/file-cabinet/template_oprek.txt?attredirects=0&d=1,lalu hapus kode ?attredirects=0&d=1 Kemudian copy kode di bawah ini

Pada file anda ganti dengan url yang sudah di buat pada notepad tadi contohnya yaitu https://sites.google.com/site/contoh/file-cabinet/template_oprek.txt
jika sudah tersusun dengan benar silahkan hapus kode yang akan di kompres tadi di mulai dari kode lihat pada gambar no.3 dan jika sudah di pasang akan seperti gambar di bawah ini


5.jika sudah selesai silahkan di pratinjau dulu apakah sudah valid apa belum,kalu sudah silahkan save.

nah kalau sudah berhasil silahkan kompres semua kode jsc seperti diatas tadi,tapi Ada beberapa Kode yg tidak bisa di buat seperti ini.Kalau anda ragu tidak usah di praktekan karena memang langkah langkah yang saya buat memang sedikit membingungkan,jadi intinya saya hanya sekedar berbagi pengalaman saja,bagi yang berminat saya doakan semoga berhasil dan semoga bermanfaat.
Anda sedang membaca artikel tentang Cara meminimalis kode Javascript pada template blogger dan Anda bisa menemukan artikel Cara meminimalis kode Javascript pada template blogger ini dengan URL http://marindajaya.blogspot.com/2012/04/cara-meminimalis-kode-javascript-pada.html, Anda boleh menyebarluaskannya atau meng-copypaste-nya jika artikel Cara meminimalis kode Javascript pada template blogger ini bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Cara meminimalis kode Javascript pada template blogger sebagai sumbernya.

8 komentar:

RoPinKmengatakan...

mantab Sobat, pastinya loding menajdi lebih ringan nich

Suryana stmengatakan...

iya sob,tapi kadang tergantung dari sites.google.com nya,kalau gak ada gangguan bisa cepat,tapi kalau ada gangguan bisa bisa gak tampil,setelah saya telusuri ternyata ada di code.google.com,di sana lebih layak sob.

Wisata Murahmengatakan...

Marinda Jaya makin keren aja. hehehe memang JS kalau di buat bgini jadi lebih ringan load ya

Raihan Marie Ramadhanmengatakan...

Kayanya perlu di tindak lanjuti nie informasinya Gan biar loading blog saya tambah ringan.Informasi mantap,makasih banyak.Langsung meluncur ke TKp,happy blogging.

Suryana stmengatakan...

iya sob,ternyata cara ini memang effektif,saya udah coba cek setiap blog sahabat yg profesional ternyata sudah mengguanakan cara ini,cuma bedanya dia ada di file hosting googlecode.com bukan di sites.google.com.

Suryana stmengatakan...

he..he..punya sobat udah sob,mungkin dari penyedia template,saya cek sudah ada sekitar 4 sampai 6 kode google,makanya agak cepetan.

Admin - Ervanmengatakan...

maaf gan, saya memberi tambahan saja gan, sebenarnya kalau cara seperti ini malah bikin load lebih berat gan, untuk membaca javascriptnya malah harus menghubungi site.google.com dulu, kalau kita langsung menaruhnya di template kan akan langsung terbaca tanpa harus menunggu respon dari site.google.com tempat JS berada, hehehe
hanya tambahan lho ini gan, ckckckc

visit back: www.devaninc.blogspot.com

Suryana stmengatakan...

Admin - Ervan
oh iya sory sob,emang benar kalau lewat site google com malah tambah berat yang ringan dari googlecode com sangat ringan

Posting Komentar

MOHON MAAF

Link Hidup/komentar akan di hapus Atau di saring(tidak di tampilkan)

 
© Copyright Marinda Jaya 2010 | Privasi | Sitemap | Blogger | Google|