4.0 stars based on 35 reviews Prep time: 30 min Cook time: 1 hourTotal time: 1 hour 30 min Yield: 1 9" pie (8 servings)

Gerhana Bulan Total 16 Juni 2011

Gerhana bulan total yang terjadi pada Kamis 16 Juni 2011 ini mendapat perhatian besar dari kalangan pengamat astronomi di seluruh dunia.peristiwa gerhana ini memang pemandangan langka termasuk yang terlama dalam sejarah karena akan mencapai masa total sekitar dua jam.

Menurut sejumlah astronom,gerhana bulan total yang terjadi di musim dingin terakhir kali terjadi pada 1638 dan baru akan terjadi pada 2094.Gerhana Bulan total kali ini bisa disaksikan di wilayah Eropa,Afrika,Amerika Selatan,Australia,dan Asia,termasuk Indonesia.Wilayah timur Afrika,Timur Tengah,Asia Tengah,dan barat Australia bisa menyaksikan keseluruhan tahap gerhana.

Di Indonesia,wilayah yang keberuntungan yang sama adalah Sumatrra,Jawa,Kalimantan,dan sebagian Nusa Tenggara.Dilihat dari waktunya,hanya Indonesia bagian tengah dan barat saja yang bisa melihat gerhana ini dari awal hingga akhir.Sementara bagian timur Indonesia tidak dapat mengamatinya hingga selesai karena Bulan akan terbenam dahulu.Tetapi untungnya bagian paling menarik dari gerhana ini,yaitu ketika Bulan berada di dalam bayangan umbra Bumi,dapat dilihat utuh dari awal hingga akhir dari seluruh Indonesia.

Pengaruh positif dalam fenomena gerhana bulan adalah agar warga selalu waspada.Warga diharapkan meningkatkan kewaspadaan jika berpergian melalui udara,darat dan laut.Wanita hamil pun waspada dan mensucikan diri saat gerhana bulan total.

Gerhana bulan terjadi ketika bumi,bulan,dan matahari berada dalam garis yang sama. Akibatnya,sinar matahari yang seharusnya mengenai permukaan bulan tertutup oleh bayangan bumi.Saat bulan mulai tertutup oleh bayangan bumi,warnanya akan berubah-ubah dari abu-abu menjadi oranye dan terakhir kemerah-merahan.Perubahan warna bisa terjadi lantaran sinar matahari menembus atmosfer bumi sebelum menerpa permukaan bulan.Atmosfer bumi menahan warna biru dan melepas oranye serta merah ke bulan.Ketika bulan terlihat kemerah-merahan,itu karena adanya partikel lain yang ada di sekitar atmosfer bumi.Contohnya seperti abu dari letusan gunung berapi.
Anda sedang membaca artikel tentang Gerhana Bulan Total 16 Juni 2011 dan Anda bisa menemukan artikel Gerhana Bulan Total 16 Juni 2011 ini dengan URL http://marindajaya.blogspot.com/2011/06/gerhana-bulan-total-16-juni-2011.html, Anda boleh menyebarluaskannya atau meng-copypaste-nya jika artikel Gerhana Bulan Total 16 Juni 2011 ini bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Gerhana Bulan Total 16 Juni 2011 sebagai sumbernya.

2 komentar:

Wisata Murahmengatakan...

wah sayang sekali. semalam ane begadang tapi tidak mengetahui kalau ada gerhana... artikel ilustrasinya sangat membantu buat ane ngebayangin gerhana semalam//thnks sob nice info

Marinda Jayamengatakan...

he..he..he..sama sob semalam saya juga tidur sore2 jadi gak sempat melihatnya.pas bangun pagi buka google iconya gerhana bulan makanya saya telusuri info yg akuratnya.thanks juga sob.

Posting Komentar

MOHON MAAF

Link Hidup/komentar akan di hapus Atau di saring(tidak di tampilkan)

 
© Copyright Marinda Jaya 2010 | Privasi | Sitemap | Blogger | Google|