4.0 stars based on 35 reviews Prep time: 30 min Cook time: 1 hourTotal time: 1 hour 30 min Yield: 1 9" pie (8 servings)

Arti dan Manfaat Apel Pectin

Senin, 23 Mei 2011

Pectin adalah karbohidrat yang berasal dari buah citrus atau apel yang telah dimurnikan.Pectin digunakan dalam pengobatan diare,biasanya dalam kombinasi dengan adsorben lainnya.Attapulgite maupun pectin diklaim dapat mengadsorpsi toksin,gas, bakteri,dan virus yang terdapat dalam lumen usus.

Serat Pectin merupakan senyawa polisakarida yang bisa larut dalam air dan membentuk cairan kental (jelly) yang disebut mucilage/ mucilagines.Cairan ini dapat berfungsi sebagai pelindung yang melapisi dinding lambung dan usus,sehingga akan terlindungi bila terdapat luka,toksin kuman atau asam lambung yang berlebih.Karena termasuk serat larut air,kelebihan pectin adalah tidak ikut terbuang bersama carrion (kotoran) dan akan tetap berada dalam arrangement pencernaan. Pektin banyak terdapat pada kulit buah apel,jeruk.Serat pectin ini memiliki beberapa fungsi antara lain :
  • Merangsang gerak peristaltic usus sehingga pencernaan terhadap makanan menjadi lebih baik.
  • Membentuk aggregate makanan sehingga memberikan rasa kenyang.
  • Melunakkan dan memadatkan feses sehingga memudahkan defikasi (buang air besar) dan mencegah konstipasi (sembelit).
  • Mencegah penyerapan lemak dan kolesterol, karena serat merangsang sekresi (pengeluaran) getah empedu yang membuat lemak menjadi emulsi dan terbuang bersama feses (kotoran).
  • Memperlambat penyerapan glukosa sehingga membantu mencegah kenaikan gukosa (gula darah) pada penderita diabetes mellitus.
  • Membentuk lapiasan gel di dinding lambung sehingga efektif mengatasi penyakit maag.
  • Mencegah terjadinya kanker usus terutama kanker colon (usus besar).
  • Pektin juga dikenal sebagai antikolesterol,bila berinteraksi dengan vitamin C dapat menurunkan kolesterol darah.Selain itu,pectin juga dapat menyerap kelebihan air dalam usus dan memperlunak feses serta mengikat dan menghilangkan racun dalam isi usus.


(sumber:http://www.kaskus.us/)
Anda sedang membaca artikel tentang Arti dan Manfaat Apel Pectin dan Anda bisa menemukan artikel Arti dan Manfaat Apel Pectin ini dengan URL https://marindajaya.blogspot.com/2011/05/arti-dan-manfaat-apel-pectin.html, Anda boleh menyebarluaskannya atau meng-copypaste-nya jika artikel Arti dan Manfaat Apel Pectin ini bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Arti dan Manfaat Apel Pectin sebagai sumbernya.

4 comments:

wisata murahmengatakan...

Pektinvinivmemang lagivjadi lakon. dan diburu oleh orang orang berkolesterol tinggi..makanya apel malang yg kecil manis itu jadi larisnya minta ampun, karena adanya info semcam gini.. sharing yg bermanfaat sob.. pageeee

suryanamengatakan...

bener banget sobat tau az nih saya baru tau setelah show di kaskus.he..he..he...terimakasih sobat

Unknownmengatakan...

datang ngolong apel lagi ah. hhehehe

sob ganti template lagi aja coba..ane curiga salah satu widget yg bermasalah.. ganti template terus coba pasang widget satu persatu sambil diamati.. gitu lo.. kalau ga itu ada script link yang rusak

suryanamengatakan...

iya sob,memang kemaren2 ada tambahan script agar tidak krawl error dan tambahan SEO link pada body template dan saya mau menghapusnya susah gak tau di mana letaknya.akhirnya saya install ulang templatenya dan mudah2an bisa membaik lagi.terimakasih banyak sobat atas sarannya.

Posting Komentar

MOHON MAAF

Link Hidup/komentar akan di hapus Atau di saring(tidak di tampilkan)

 
© Copyright Marinda Jaya 2010 | Privasi | Sitemap | Blogger | Google|