4.0 stars based on 35 reviews Prep time: 30 min Cook time: 1 hourTotal time: 1 hour 30 min Yield: 1 9" pie (8 servings)

Tips Mencegah Mata Bintitan

Kamis, 17 Februari 2011

Mata adalah jendela dunia. Melalui kedua mata yang ukurannya relatif kecil dibanding keseluruhan tubuh ini, kita bisa menyerap segala macam informasi. "Melalui mata ini sekitar 83 persen informasi kita dapatkan. Karena itu, jaga kesehatannya, jangan sampai fungsinya terganggu," kata dr.Tjahjono D.Gondhowiardjo, Sp.M. Agar terhindar dari masalah bintit, ia menganjurkan kiat-kiat berikut ini:

1. Jaga kebersihan
Menjaga kebersihan tidak sebatas pada kelopak mata, karena tubuh secara menyeluruh juga harus bersih. Intinya, bila kebersihan tubuh terjaga, akan meminimalkan peluang bakteri menginfeksi atau menimbulkan peradangan, termasuk pada kelopak mata.

2. Sering mencuci tangan
Kebanyakan pada usia anak-anak, bintitan paling sering terjadi bila tangan kotor tanpa sengaja digunakan untuk mengucek mata yang terasa gatal. Meski kelihatannya sepele, gerakan kecil ini bisa memunculkan efek yang tidak ringan. Kalau ada bakteri yang ikut terbawa saat mengucek mata, bukan tidak mungkin esoknya sudah jadi bintitan.

3. Waspada jika mata sering gatal
Bila mata terasa atau bahkan sering gatal-gatal, sebaiknya bersihkan dengan tetes mata atau dikompres. Jadi, jangan dibiarkan saja karena sangat mungkin rasa gatal tersebut merupakan gejala awal terjadinya peradangan.

4. Mengistirahatkan mata
Bila mata sering difungsikan secara maksimal karena kurang tidur, terlalu banyak membaca, terlalu banyak bekerja atau main games di komputer, mata bakal cepat lelah, gatal, dan mungkin terjadi peradangan. Keluhan seperti ini umumnya dialami anak yang berbakat bintitan. Namun, meski Anda tidak berbakat, akan lebih baik jika sering mengistirahatkan mata di sela-sela waktu kerja.

5. Lindungi mata
Di lingkungan yang penuh debu dan asap, gunakan pelindung seperti kacamata, supaya mata tidak mudah teriritasi.

Anda sedang membaca artikel tentang Tips Mencegah Mata Bintitan dan Anda bisa menemukan artikel Tips Mencegah Mata Bintitan ini dengan URL https://marindajaya.blogspot.com/2011/02/tips-mencegah-mata-bintitan.html, Anda boleh menyebarluaskannya atau meng-copypaste-nya jika artikel Tips Mencegah Mata Bintitan ini bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Tips Mencegah Mata Bintitan sebagai sumbernya.

0 comments:

Posting Komentar

MOHON MAAF

Link Hidup/komentar akan di hapus Atau di saring(tidak di tampilkan)

 
© Copyright Marinda Jaya 2010 | Privasi | Sitemap | Blogger | Google|