4.0 stars based on 35 reviews Prep time: 30 min Cook time: 1 hourTotal time: 1 hour 30 min Yield: 1 9" pie (8 servings)

"PERANAN KELOMPOK DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN"

Pentingnya Keterlibatan Kelompok
Tanpa mengurangi pentingnya peranan seseorang untuk secara individual mengambil keputusan, pengalaman dan penelitian telah membuktikan bahwa peranan kelompok dalam identifikasi hakikat masalah yang secara kreatif dan menemukan berbagai alternative serta memilih salah satu diantara alternative yang tersedia. Itu biasanya akan berlangsung secara efektif apabila orang-orang yang berkepentingan dalam terpecahnya masalah yang dihadapi dilibatkan secara langsung.

Perlu tidaknya Keterlibatan Kelompok
Dalam organisasi mau tidak mau harus melibatkan kelompok tertentu dalam proses pengambilan keputusan. Artinya keputusan yang diambil organisasi selalu bersifat objektif.Manfaat yang diperoleh dengan melibatkan kelompok-kelompok tertentu dalam proses pengambilan keputusan terdapat tujuh manfaat:
1.      Hasil kerja kelompok lebih besar: Pada umumnya semakin besar jumlah dan jenis pendekatan yang ditemukan dalam usaha penanggulangan suatu situasi problematic tertentu dibandingkan dengan hasil yang mungkin dicapai oleh orang-orang yang terlibat yang bekerja sendiri-sendiri.
2.      Masukan yang beraneka ragam : Keterlibatan banyak orang, biasanya berbagai sumber daya yang dimanfaatkan, mis: dalam bentuk waktu, tenaga, pikiran, dsbnya, akan lebih besar dibandingkan dengan masukan yang mampu diberikan oleh hanya seseorang.
3.      Pemanfaatan berbagai pengetahuan : Dengan keadaan semakin banyak tenaga-tenaga spesialis dan professional yang aneka ragam pengetahuannya tidak mungkin dimiliki seseorang berapapun tinggi tingkat pendidikan dan pengetahuan orang tersebut. Artinya gabungan pengetahuan, ketrampilan, dan pengalaman orang-orang yang terlibat pasti lebih besar dari orang per orang.
4.      Pengurangan pandangan yang subjektif : Pemecahan masalah yang mungkin sulit dilakukan karena para anggota kelompok dipengaruhi oleh berbagai prasangka yang ditimbulkan oleh berbagai faktor seperti latar belakang social, latar belakang pendidikan dan pengalaman, menjadi lebih mudah dicapai oleh satu kelompok karena sebagai kelompok, mereka dapat merangkul berbagai pandangan.
5.      Keterikatan pada keputusan yang diambil : Salah satu kunci keberhasilan dalam pelaksanaan suatu keputusan terletak pada keterikatan orang-orang yang terlibat dalam proses pengambilan keputusan itu untuk melaksanakannya sebaik-baiknya.
Melibatkan berbagai kelompok dalam proses pengambilan keputusan, pada umumnya memang berhasil untuk mengatasi penolakan pihak-pihak tertentu terhadap gagasan baru yang tumbuh dan ingin diwujudkan.
6.      Pentingnya komunikasi dalam pemanfaatan kelompok : Sekelompok orang yang berusaha mencapai suatu kesepakatan tentang keputusan yang akan diambil biasanya saling mempengaruhi, baik dalam cara berpikir maupun dalam cara bertindak. Artinya, merupakan hal yang biasa bahwa masing-masing anggota kelompok menyampaikan preferensinya kepada orang lain yang dipengaruhi oleh paling sedikit empat faktor, yaitu persepsi orang yang bersangkutan tentang situasi problematic yang dihadapi, informasi yang dimilikinya, latar belakang pendidikan dan pengalamannya.
7.      Meningkatnya mutu keputusan yang diambil : Kelompok-kelompok yang terlibat dalam proses pengambilan keputusan biasanya harus mencapai kesepakatan tentang keputusan yang akan diambil. Artinya, pada akhirnya keputusan tersebut harus merupakan keputusan kelompok. Mungkin saja pada berbagai tahap diskusi terdapat berbagai jenis perbedaan, seperti perbedaan persepsi dan interpretasi.



SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN

              TEORY DASAR PENGAMBILAN KEPUTUSAN
1.      Pengambilan Keputusan sebagai suatu fungsi kontekstual.
2.      Keputusan Terprogram Dan Tidak Terpofram
3.      Proses Pengambilan Keputusan
4.      Tindakan memutuskan.

              BEBERAPA MODEL DAN TEKNIK PENGAMBILAN KEPUTUSAN
1.      Model Optimasi
2.      Model Satisficing
3.      Model Mixed Scanning
4.      Model Heuristic
5.      Pemilihan Model Tertentu
6.      Teknik-teknik Pengambilan Keputusan

                  PEMECAHAN MASALAH SEBAGAI TEKNIK PENGAMBILAN    KEPUTUSAN

1.      Identifikasi dan Defenisi Hakikat Masalah
2.      Pengumpulan dan Pengolahan Informasi
3.      Pencarian dan Penemuan Berbagai Alternatif
4.      Pengkajian berbagai Alternatif
5.      Penentuan pilihan dan alternative terbaik

              KENDALA-KENDALA DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN

1.      Kendala yang bersumber pada diri pengambil keputusan yang bersangkutan
2.      Hantui kegagalan di masa lalu
3.      Pemahaman yang tidak tepat tentang penaran informasi
4.      Faktor ketidakpastian
5.      Kekurang mampuan mengelola waktu


            Salah satu tolak ukur utama yang biasa digunakan untk mengukur efektifitas kepemimpinan seseorang yang menduduki jabatan pimpinan dalam suatu organisasi ialah kemampuan dan kemahirannya dalam mengambil suatu keputusan yang baik dengan memenuhi persyaratan yaitu:
1.      Rasional                      :  masuk akal
2.      Logis                            :  logika
3.      Realistis                       :  nilai kebenaran
4.      Pragmatis                    :  jangan bertele-tele




                                                           Published By kurniasih
Anda sedang membaca artikel tentang "PERANAN KELOMPOK DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN" dan Anda bisa menemukan artikel "PERANAN KELOMPOK DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN" ini dengan URL http://marindajaya.blogspot.com/2011/02/peranan-kelompok-dalam-pengambilan.html, Anda boleh menyebarluaskannya atau meng-copypaste-nya jika artikel "PERANAN KELOMPOK DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN" ini bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link "PERANAN KELOMPOK DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN" sebagai sumbernya.

5 komentar:

anisayumengatakan...

Sebelum ambil keputusan harus di pikir matang atau musyawarah dg kelompok jika ada hehhee
Bagus artikelnya...

Wisata Murahmengatakan...

wah wah wah. jadi konsultan baru rupanya..hehe boleh tu kajiannya.sangat mendasar dan realistis..dan keputusan yang bulat itu tidak somplak tentunya...terimakasih sudah berbagi hal yang sangat positif

Marindajayamengatakan...

@anisayu
iya ka anis Sebelum ambil keputusan pastinya harus di pikir matang2.
mksih atas komentnya..


@wisatamurah
sahabatku bisa aja.berarti anda mempunyai karakter sebagai kepala atau pemimpin di suatu perusahaan.mksih juga sob komentnya mengandung arti.he..he..he..

Habib Ullahmengatakan...

dear i remember you that i ki$$ you daily and i hope you do also thanks

Iskarujimengatakan...

Membaca post ini, jadi teringat masih sekolah dengan pelajaran sosiologi...Edukatif post!

Posting Komentar

MOHON MAAF

Link Hidup/komentar akan di hapus Atau di saring(tidak di tampilkan)

 
© Copyright Marinda Jaya 2010 | Privasi | Sitemap | Blogger | Google|