4.0 stars based on 35 reviews Prep time: 30 min Cook time: 1 hourTotal time: 1 hour 30 min Yield: 1 9" pie (8 servings)

Model dan Teknik Pengambilan Keputusan

Banyak model dan teknik pengambilan keputusan yang telah dikembangkan oleh para ahli. Dibawah ini kita akan membahas 4 model dan teknik pengambilan keputusan yaitu:

1.Model Optimis  Pencapaian sasaran dengan terlebih dahulu mempertimbangkan keterbatasan yang ada, organisasi berusaha memperoleh hasil terbaik yang paling mungkin dicapai.

Sebagai suatu model pengambilan keputusan, optimasi didasarkan pada berbagai kriteria dan yang menonjol diantaranya adalah:

a.Kriteria Minim

Kriteria yang didasarkan pada asumsi yang sifatnya pesimistis, dalam arti kepututsan apapun yang diambil, hasil yang dicapai adalah hasil yang paling minimum.

b.Kriteria Maxi

Kriteria yang didasarkan pada asumsi yang optimistic yang menyatakan bahwa keputusan yang diambil akan mendatangkan hasil yang maximum

c.Kriteria melewatkan kesempatan

Kriteria ini bertitik tolak dari pendapatan bahwa merupakan hal yang alamiah apabila para pengambil keputusan berpikir dan bertindak dalam kerangka dilewatkannya peluang-peluang tertentu

d.Kriteria Probilitas (Teori Kemungkinan)

Kriteria yang mengambil keputusan dengan menggunakan kirteria kemungkinan diperolehnya hasil tertentu sebagai dasar menjatuhkan pilihan

e.Kriteria Nilai Materi yang diharapkan

Suatu criteria yang penggunaanya dimulai dengan penentuan nilai materi atas hasil yang diperoleh dari setiap alternative yang dipilih untuk diterapkan.

2.Model Satisficing  Suatu model pengambilan kepututsan yang berpendapat bahwa manusia tidak memiliki kemampuan untuk mengoptimalkan hasil dengan menggunakan criteria yang telah dibahas dimuka.

Para pengambil keputusan tidak selalu berpikir dalam kerangka pertanyaan.
  • Alternatif-alternatif apa yang tersedia
  • Informasi yang bagaimana yang diperlukan
  • Analisis yang bagaimana yang diperlukan

Sehingga pilihan dapat dijatuhkan pada alternative yang paling tepat.

3.Model Mixed Scanning  Merupakan usaha untuk menghindari tingkat rasionalistis tinggi. Artinya bahwa setiap kali seseorang pengambil keputusan menghadapi dilema dalam memilih suatu langkah tertentu.

Satu keputusan harus dibuat tentang sampai sejauh mana sarana dan prasarana digunakan untuk mencari dan menilai berbagai fungsi dan kegiatan yang akan dilaksanakan.

4.Model Heuristic  Merupakan salah satu model yang didasarkan pada rasionalistas, artinya bahwa faktor-faktor internal yang terdapat dalam diri seseorang pengambil kepututsan lebih berpengaruh daripada faktor-faktor external.



Published By kurniasih
Anda sedang membaca artikel tentang Model dan Teknik Pengambilan Keputusan dan Anda bisa menemukan artikel Model dan Teknik Pengambilan Keputusan ini dengan URL http://marindajaya.blogspot.com/2011/02/model-dan-teknik-pengambilan-keputusan.html, Anda boleh menyebarluaskannya atau meng-copypaste-nya jika artikel Model dan Teknik Pengambilan Keputusan ini bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Model dan Teknik Pengambilan Keputusan sebagai sumbernya.

4 komentar:

Wisata Murahmengatakan...

wah mantab,boleh juga di dicopy ilmu pengamblan keputusannya...thnk seberat beratnya sob.met mlm

marindajayamengatakan...

boleh sob ilmu ini juga pesan dari rekan saya si kurniasih minta mempublikasikan artikelnya di sini.sebenarnya masih ada beberapa lagi tapi saya publikasikan langkah yg ini dulu baru kemudian untuk berikutnya.terimakasih muda2han ini juga bisa bermanfaat buat teman2 semua.

Joey Pimmengatakan...

very useful information, interesting articles. Unfortunately I can not translate all the content but I understand

marindajayamengatakan...

thank you my friend

Poskan Komentar

MOHON MAAF

Link Hidup/komentar akan di hapus Atau di saring(tidak di tampilkan)

 
© Copyright Marinda Jaya 2010 | Privasi | Sitemap | Blogger | Google|